Praktikum adalah kegiatan belajar yang menuntut mahasiswa untuk menerapkan konsep, prosedur, dan keterampilan dalam situasi nyata atau simulasi secara terprogram, terbimbing, dan mandiri. Penyelenggaraan kelas praktikum mandiri memiliki makna segala segala sesuatu yang menyangkut tugas yang diberikan dilakukan sendiri oleh mahasiswa, sedangkan terbimbing maksudnya mengacu pada pedoman pelaksanaan praktikum (baik materi maupun langkahnya) dengan mengikuti suatu pedoman yang disebut dengan Modul Praktikum, dan diarahkan oleh seorang instruktur yang dibantu oleh asissten. Terkait hal tersebut, program studi di lingkungan Universitas Muhammadiyah Magelang menyelenggarakan kuliah teori dan beberapa model praktikum.

Keterbutuhan akan modul sebagai pedoman pelaksanaan kelas praktikum menjadi dasar pentingnya diselenggarakan pelatihan penyusunan modul praktikum bagi para dosen pengampu matakuliah berbasis praktikum di lingkungan Universitas Muhammadiyah Magelang.

 Tujuan

  1. Melatih dosen untuk terampil menulis modul praktikum.
  2. Meningkatkan mutu dan efektivitas kegiatan perkuliahan praktikum melalui penyediaan modul yang dijadikan sebagai pedoman
  3. Mendukung dan memfasilitasi pengembangan karier dan profesi dosen melalui penulisan modul.