Latar Belakang

Berdasarkan evaluasi diri dapat diketahui bahwa mutu lulusan rendah diakibatkan karena kompetensi lulusan dan kurikulum belum bersifat kompetitif dan belum fokus pada kebutuhan dunia kerja, juga dikarenakan metode pembelajaran yang belum mengacu pada kompetensi program studi. Kondisi itu menuntut disusunnya rencana pelaksanaan pembelajaran berbasis kompetensi (program pembelajaran jangka pendek).

Berkaitan dengan upaya peningkatan mutu pendidikan tinggi, salah satu strategi yang tepat adalah peningkatan kualitas dosen. Peningkatan kualitas dosen dipandang mempunyai kedudukan yang strategis karena disamping sebagai tenaga pendidikan yang secara langsung melakukan transfer ilmu pengetahuan kepada para mahasiswa melalui proses pembelajaran.

Menyadari bahwa mutu pendidikan pada semua jenjang pendidikan berpusat pada proses pembelajaran yang dikelola para dosen dengan memanfaatkan sarana, dan media pengajaran yang ada, dan mutu proses pembelajaran akan ditentukan oleh pengetahuan yang ada, keterampilan para dosen dalam melaksanakan proses belajar-mengajar secara profesional.

 Tujuan

Tujuan utama dari program ini adalah meningkatnya mutu lulusan agar mampu bersaing di dunia kerja dan lulusan dapat bekerja sesuai bidang ilmunya. Sedangkan tujuan diadakannya pelatihan penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang merupakan program pembelajaran jangka pendek adalah agar pelaksanaan proses pembelajaran menjadi lebih baik dan berkualitas sebagai upaya peningkatan mutu pendidikan (lulusan).

Lingkup Kegiatan

Mutu dosen di bidang pengelolaan proses belajar mengajar berpengaruh terhadap mutu pendidikan (lulusan). Dosen yang tidak memiliki kompetensi, tidak profesional, akan berpengaruh pada pelaksanaan pembelajaran selanjutnya akan berdampak pada rendahnya mutu pendidikan (lulusan), sehingga untuk kondisi UMM yang berjalan saat ini perlu ditingkatkan mutu dosen dan mutu lulusan khususnya meningkatkan kompetensi para dosen dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Dengan demikian pelaksanaan proses pembalajaran akan lebih baik dan berkualitas.