Latar Belakang

Berdasarkan hasil evaluasi diri, rendahnya mutu lulusan Universitas Muhammadiyah Magelang dikarenakan relevansi kurikulum terhadap kebutuhan pengguna (pasar kerja) dan rendahnya efektifitas kurikulum. Langkah untuk perbaikan   mutu lulusan bisa berupa peningkatan student support system, perbaikan mutu pengajar maupun penyesuaian kurikulum. Hal ini mendorong perlu dilakukannya program kontruksi kurikulum melalui pengadaan tenaga ahli dalam pelatihan pengembangan kurikulum. Rekonstruksi kurikulum dilakukan dengan berbasis penguatan kompetensi yang baru yang telah disusun dan disesuaikan dengan dinamika perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi informasi. Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan KKNI bertujuan untuk mencapai elemen kompetensi.

Tujuan

Tujuan utama dari program ini adalah memberikan model kurikulum yang menjamin kompetensi, serta menghasilkan rumusan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) dan KKNI unggulan spesifik program studi.

Ruang Lingkup

Lingkup kegiatan meliputi kegiatan ilmiah dalam bentuk Pelatihan Pengembangan Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan KKNI dengan pengadaan tenaga ahli untuk menjadi tenaga konsultatif dibidang penyusunan kurikulum. Pelatihan ini terbatas untuk para pimpinan fakultas dan pimpinan program studi, serta perwakilan Tim Pengembang Kurikulum dari masing-masing fakultas yang ikut serta dalam pelatihan penyusunan kompetensi. Pelatihan ini akan menghasilkan rumusan kurikulum berbasis kompetensi. Setelah pelaksanaan pelatihan, rumusan kurikulum selanjutnya dirapatkan di tingkat program studi dan fakultas untuk bisa dikompilasikan dengan data-data lain. Kegiatan ini menghasilkan kurikulum untuk diterapkan di tingkat program studi. Kegiatan ini akan dilaksanakan setelah kompetensi lulusan masing-masing program studi tersusun.

Keluaran/ Output

Tersusunnya Kurikulum Berbasis Kompetensi (KBK) dan KKNI dari masing-masing Program Studi.

 Narasumber/Pembicara

Nara Sumber/Instruktur dalam pelatihan ini adalah perorangan yang  memiliki kualifikasi kompeten dalam penyusunan kompetensi dan kurikulum serta terlibat  langsung dalam proses penyusunan kurikulum berbasis kompetensi di institusinya (Universitas Gadjah Mada Yogyakarta) Dr. Silvy Dewajani, Ph.D .

Slideshow ini membutuhkan JavaScript.